Beasiswa Amerika Serikat (AMINEF) Fulbright

Info beasiswa terbaru dari The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) kembali menawarkan beasiswa Fulbright untuk tahun ajaran 2013-2014. Wakil Direktur AMINEF Piet Hendrardjo ketika melakukakn presentasi tentang beasiswa Fullbright di Universitas Lampung (Unila) baru-baru ini menjelaskan, AS menjadi negara yang tepat untuk studi lanjutan karena memiliki sekira 4.500 perguruan tinggi. Sebagian besar dari kampus AS, ujar Piet, masuk dalam peringkat Top 100 di dunia.


Jika kamu berminat melanjutkan studi ke AS, maka beasiswa Fulbright tepat untukmu. Program beasiswa tahunan ini menawarkan berbagai bantuan biaya kuliah untuk jenjang pascasarjana. Para sarjana atau tenaga profesional Indonesia bisa mendaftar untuk Program Master yakni Fulbright Master’s Degree Program, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program.

Pemegang gelar master bisa mengajukan lamaran untuk Program Doktor pada Fulbright Presidential Scholarship Program(Ph.D.). Fullbright juga menyediakan beasiswa untuk penelitian melalui Fulbright Doctoral Dissertation Research Program dan Fulbright Senior Research Program. Fulbright pun meluncurkan program baru, yakni USAID Funded Fulbright Agricultural M.S. and Ph.D Scholarships.

Lembaga penyelia kerja sama pendidikan antara Indonesia dan AS ini juga membuka kerja sama dengan Ditjen Dikti Kemendikbud. Kedua lembaga ini membuka kesempatan beasiswa pada Fulbright-Dikti Master’s Degree Program, Fulbright-Dikti Ph.D Program, Fulbright-Dikti Doctoral Dissertation Research Program, dan Fulbright-Dikti Senior Research Program. Program baru antarkedua lembaga adalah Fulbright-Dikti Senior Research Special 10 Week University of Washington PAR-C Type Recharging Program.

Beasiswa Fullbright diprioritaskan bagi staf pengajar perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Selain memiliki gelar Sarjana (S-1) dengan IPK 3,0 (pada skala 4), pelamar juga harus memiliki nilai ITP paling rendah 550 (IELTS 6,0).

Peraih beasiswa akan mendapatkan fasilitas biaya kuliah, biaya buku teks, uang saku bulanan, tiket penerbangan internasional, dan asuransi kesehatan. Pendaftaran Beasiswa Fulbright dapat dilakukan hingga 15 April 2012. Mereka yang lolos seleksi akan menjalani tahap wawancara pada Juni-Agustus 2012.

Hasil tahap wawancara dapat dilihat pada Agustus/September 2012. Bila dinyatakan lolos, maka pelamar Beasiswa Fullbright akan menghadapi ujian TOEFL, GRE atau GMAT pada September/Oktober 2012. Mereka yang berhak mendapatkan beasiswa ini akan diumumkan pada pada Februari-Juni 2013, dan berangkat ke AS pada Juni-September 2013.

Tertarik mendaftar. Simak informasi selengkapnya di laman resmi Aminef: www.aminef.or.id atau melalui email ke alamat: infofulbright_ind@aminef.or.id

3 Komentar

  1. mohon petunjuknya untuk mendapatkan beasiswa studi S2?? cara mendaftarnya bagaimana ??? terima kasih...

    BalasHapus
  2. bagaimana dengan yang ingin mendaftar untuk beasiswa 2014?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama