Macam-Macam Beasiswa dari Kampus Asing

Sebelumnya sudah di posting Jenis-Jenis Beasiswa Yang Di tawarkan, maka sekarang ini anda akan membaca Macam-Macam Beasiswa dari Kampus Asing, sebagai sumber pemberi beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Mulai dari lembaga pemerintah, pihak swasta, hingga komunitas tertentu. Tidak hanya itu, pihak universitas pun kerap memberikan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa asing.

Apa saja program beasiswa yang ditawarkan oleh kampus-kampus di luar negeri? Apakah hanya terbatas pada penilaian prestasi akademis saja? Yuk kenali lebih dekat beasiswa yang ditawarkan pihak kampus seperti disitat dari Buku Pintar Beasiswa, Senin (16/1/2012).

Major-Specific Award
Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu dengan prestasi akademis gemilang pada satu bidang tertentu. Biasanya, selain diberikan pada mahasiswa lokal, pihak kampus juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa internasional. Namun, sebagai mahasiswa internasional, kamu perlu mencermati program beasiswa tersebut. Cari tahu, apakah beasiswa itu bersifat penuh yang menanggung seluruh biaya kuliah, akomodasi, transportasi, maupun biaya hidup atau hanya berupa beasiswa sebagian.

Fellowship
Beasiswa ini mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Pasalnya saat ini telah banyak program beasiswa berbentuk fellowship yang diberikan oleh para sponsor. Lantas apa sebenarnya beasiswa fellowship? Ini merupakan bantuan keuangan yang diberikan pihak kampus untuk melakukan penelitian di dalam kampus tersebut dalam jangka waktu tertentu. Ada kalanya, salah satu persyaratan yang diajukan adalah kewajiban menjadi tenaga pengajar di kampus tersebut.

Saat memutuskan untuk mengambil beasiswa ini, pastikan kesesuaian bidang penelitian yang ditawarkan dengan bidang yang kamu geluti sebagai pertimbangan utama.

Athletic scholarships
Ini dia kesempatan bagi kamu yang memiliki prestasi membanggakan dalam bidang olahraga. Di Amerika Serikat (AS) misalnya, para atlet terkenal dan berprestasi mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di kampus ternama. Sepak bola, basket, dan baseball menjadi cabang olahraga yang menempati prioritas untuk meraih beasiswa di Negeri Paman Sam tersebut.

Sementara di Indonesia, terdapat beasiswa serupa yang diberikan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Beasiswa program S-1 bagi para atlet berprestasi ini baru dimulai pada tahun ajaran 2008/2009.

Lakukan yang terbaik pada setiap bidang yang memang kamu kuasai baik sisi akademis, penelitian, maupun seni dan olahraga. Percayalah sesuatu yang dikerjakan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama